Pengertian Dan Manfaat Google AdSense Lengkap

By Tukang Nulis

Pengertian Google Adsense

Pengertian Dan Manfaat Google Adsense LengkapGoogle adsense merupakan program kerja sama periklanan milik google. Publisher akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil berdasarkan jumlah klik iklan yang ditampilkan di situs atau blog yang sudah terdaftar.

Sistem ini dikenal sebagi PPC (pay per click) atau dalam bahasa indonesia berarti dibayar berdasarkan klik. Harga iklan perklik berbeda-beda bersarkan wilayah negara, kesesuaian iklan dengan konten dan faktor lain.

 

Pengertian Adsense Menurut Wikipedia

 

Google AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. ~ wikipedia

Materi atau isi iklan sudah ditentukan oleh google adsense sendiri, namun kita juga dapat memfilter iklan apa saja yang boleh tampil dan yang tidak boleh tampil. Iklan yang ditampilkan bermacam-macam, mulai dari video, gambar, animasi, text, dan tautan.

Seperti yang dijelaskan di wikipedia, selain PPC Google AdSense juga menyediakan iklan pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Cara menggunakan AdSense pencarian yaitu dengan memasang kotak pencarian yang disediakan oleh google adsense pada situs kita.

Cara pendaftaranya bisa dibilang gampang, namun yang membuat jantung berdebar yaitu saat proses riview, pengalaman saya waktu pertama kali daftar adsense sudah lebih dari 3 kali ditolak namun alhamdulillah saat ini suda diterima.

 

Yang Harus Di Perhatikan dalam AdSense 

 

Google AdSense merupakan program yang menggiurkan, jika berhasil dan sukses maka kita dapat mendapatkan uang hanya dengan modal koneksi internet dan situs web atau blog. Banyak diluar sana yang sudah sukses, bahkan perbulan mencapai puluhan juta hanya dari adsense.

Meskipun adsense terlihat menjanjikan, namun ada beberapa yang perlu anda perhatikan. Jangan hanya ingin mendapatkan uang yang banyak anda rela menghalalkan segala cara. Dalam beberapa kasus bukannya dolar terkumpul namun alhasil akun adsense yang dibanned (diblokir) oleh google.

Banyak diluar sana yang mencoba menipu google dengan merubah IP ke negara lain, menggunakan proxy, vpn dan cara lainnya. Entah teknologi apa yang digunakan oleh adsense sehingga tau jika terjadi kecurangan. Dulu saya juga  pernah terkena kasus yaitu suspend selama 30 hari.

Untung akun saya tidak di banned permanen, alhamdulillah deh. Semenjak di suspend akhirnya kapok dan lebih memilih main aman saja. Meski penghasilan sedikit tapi kita harus tetap mensyukuri, jangan tergiur dengan cara instan, semua butuh proses. Saya pun berharap suatu saat harus bisa cair setiap bulannya.

 

Kategori Iklan Terpopuler Dalam Google Adsense

 

Berikut dua kategori iklan adsense yang paling populer, termasuk saya sendiri menggunakan iklan jenis ini.

 

1. AdSense For Content

 

Iklan jenis ini yaitu dengan memberikan ruang untuk iklan yang di tampilkan pada blog. Misal dibagian sidebar. Jika kalian sering melihat iklan di tengah artikel milik adsense, nah itu yang disebut adsense for content.

Adsense for content ini memiliki beberapa ukuran, contohnya 300×250, 728×90 dan lainnya. Selain ukuran yang tetap adsense juga menyediakan iklan dengan ukuran responsif, yaitu menyesuaikan tempat yang tersedia pada situs anda.

 

2. AdSense for Search

 

Dilihat dari namanya saja sudah jelas, iklan ini melibatkan search engine milik google untuk menampilka iklan dari adword. Jadi dengan iklan jenis ini kita akan dibanyar ketika visitor blog searching melalui kotak pencarian adsense yang sudah kita pasang.

 

Kebijakan Google AdSense

 

Adsense memiliki beberapa kebijkan, dan menurut saya peraturan ini cukup ketat. Wajar saja karena untuk melindungi kepentingan orang banyak, tentunya kebijakan tidak main-main. Beberapa larangan yang harus diperhatikan oleh pemilik situs web atau publisher yaitu :

  1. Mengeklik iklan sendiri, baik manual ataupun dengan bantuan tool, software, dll.
  2. Sengaja meminta pengunjung untuk mengeklik iklan, misalnya dengan kata-kata yang membujuk “klik disini gan”
  3. Mengubah ukuran iklan yang telah ditentukan oleh google adsense.
  4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian adsense.
  5. Kotak pencarian adsense diisi dengan kata kunci tertentu oleh pemilik blog secara otomatis.
  6. Menggunakan iframe
  7. Tidak boleh mengganti script iklan adsense, misalnya agar iklan menjadi popup atau script lainnya yang tujuanya untuk merugikan pihak pengiklan.

 

Optimasi Iklan AdSense

 

Optimasi iklan adsense disini dimaksudkan agar anda mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya dengan tidak melanggar kebijakan adsense yang sudah disediakan diatas.

Google AdSense memperbolehkan beberapa metode untuk meningkatkan hasil pendapatan anda. Berikut beberapa metode yang boleh dilakukan untuk memaksimalkan penghasilan.

  • Memodifikasi warna iklan agar lebih menarik, google adsense sudah menyediakan fitur palet warna untuk metode ini.
  • Meletakan iklan pada posisi yang strategis, tentunya tempat yang dianggap memiliki tingkat keterlihatan tinggi. Misalnya ditengah artikel, dibawah judul, dll.
  • Mengilangkan garis tepi iklan dan membuat background iklan sesuai dengan warna dasar situs web anda agar iklan terlihat lebih membaur dengan isi halaman.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian Dan Manfaat Google AdSense Lengkap, bila masih ada yang kurang jelas atau mau menambahkan silakan tulisakan di komentar. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *